08
Okt
09

Ranah Bundo kanduang menangis


0038432pDesa-Jawi2-Pariaman-_Terdpt-77-kk_kondisi-desa-rusak-parah-2_medium

0040072p

0042338p

Banyak orang yang mengkaitkan peristiwa kejadian gempa dengan ayat yang terkandung dalam surah Al-Isra’ ayat 16 berbunyi : ” Dan jika Kami hendak membinasakan suatu negeri, maka kami perintahkan kepada orang yang hidup ewah dinegeri itu agar mentaati Allah, tetapi bila mereka melakukan kedurhakaan didalam negeri, maka sepantasnya berlakulah terhadapnya perkataan hukum kami, kemudian kami binasakan sama sekali negeri itu.”

Apakah kita harus mengkaitkan setiap peristiwa gempa ditempat lain yang sama penyebabnya karena adanya pergerakan  pergerakan kulit bumi menuju keseimbangan baru. Bukankah menurut para ahli, gempa yang barusan terjadi ternyata belumlah gempa yang di ramalkan. Akan muncul pula gempa yang jauh lebih besar yaitu gempa caesar Mentawai. Bila patahan ini terjadi  akan mengeluarkan energi yang selama ini tersimpan cukup lama dan akan menimbulkan gempa 9 skala reighter.  Dan kalau ini terjadi akan meluluh lantakan bangunan yang sekarang masih tersisa. Masya Allah.

Dimanapun bencana yang terjadi, seperti yang terjadi di Aceh, Bantul/Jogyakarta,Tasikmalaya, dipastikan menimbulkan korban jiwa, benda, dll.

Yang menjadi perenungan kita bersama adalah benarkah ada korelasi antara peristiwa gempa dengan firman Allah yang terkandung dala surah 17 ayat 16 ini. Bagaimana dengan gempa yang terjadi pada waktu sebelumnya,  di wilayah lain. Apa perlu kita mengkaitkan dengan semua yang terkandung dalam firman tadi.

Menurut pendapat saya,  adanya firman Allah SWT ini , yang dikaitkan dengan peristiwa gempa itu. Marilah kita simpulkan bahwa, disinilah letak kekuasaan Allah pada semua CiptaanNya.  Bertawakalkah selalu kepadaNya. Setiap musibah merupakan ujian, teguran dan mungkin juga sebagai hukuman.   Sebab bencana yang sama juga akan terjadi dimanapun yang dikehendaki Allah.

Berdasarkan pernyataan ini, maka bukan berarti kita ingin membiarkan noda noda yang mungkin telah mencemari keanggunan adat dan budaya di Ranah Minang. Yang ternyata telah terkontaminasi dan merusak tatanan kehidupan adat dan budaya yang bernilai tinggi itu.

Bila kita menengok alam minangkabau yang indah permai, adalah karena kehendak Allah jua yang menempatkan manusianya  memiliki kecerdasan, kreatif dan mampu memberdayakan potensi dirinya. Serendah apapun kemampuannya, pasti bermanfaat bagi orang lain, seperti bunyi pepatahnya yang menyatakan : ” nan buto pamhambuih suluah, nan lumpuah panumbuak lasuang”. Nan buto bisa bakarajo samo jo nan lumpuah. Nan buto mandukuang nan lumpuah dan nan lumpuah manunjuakkan jalan pado nan buto untuk bajalan basamo samo. Mancari hiduik jo tulangnyo nan salapan karek. Karajo elok baimbauan dan karajo buruak dek musibah bahambauan.

Barangkali inilah yang akan menjadi obat penawar dikala kita mengalami musibah seperti yang terjadi di ranah miang ini. Ranah bundokanduang, memiliki alam yang subur – indah dan permai.  Manusianya memiliki tatanan kehidupan adat dan budaya yang bernilai tinggi. Norma adat dan budaya yang diciptakan ninik moyang minangkabau masa dahulu, menjadikan masyarakat di wilayah itu memiliki keunikan tersendiri dalam pelaksanaan sistem kekerabatan dan sistem kemasyarakatan. Inilah yang akan tersisa dan mesti dipertahankan oleh siapapun jua…

Iklan

1 Response to “Ranah Bundo kanduang menangis”


  1. 1 rang guci
    Oktober 9, 2009 pukul 6:45 am

    Minangkabau
    Adat basandi sarak
    sarak basandi kitabullah

    Adat dasar nya agama, dan agama dasarnya hukumnya alquran dan sunnah
    Apakah adat sudah sesuai dengan agama?
    Kalau tidak.. bisa jadi 17:26


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Pengunjung

  • 1,001,875 hits

Palanta Minang

adat_dan_budaya_copy

Urang Minang

URANG_MINANG_BARU

Cimbuak

cimbuak

” Istana Kunang – Kunang”

http://hyvny.wordpress.com

KALENDER

Oktober 2009
S S R K J S M
« Sep   Nov »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

ARSIP

Flickr Photos

Lebih Banyak Foto

Aggregator Blog

KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia

Page Rank

Blog Indonesia

Blog Catalog

Culture Blogs - Blog Catalog Blog Directory

%d blogger menyukai ini: