04
Mar
10

Syofyani Yusaf – Seniwati Minangkabau


Mengabdikan Hidup Pada Kesenian

Dalam pengabdian didunia gerak dan tari, lebih dari 50 tahun – Ibu yang hampir memasuki usia 3/4 abad ini sudah malang melintang dibidang seni. Ia memang pantas disebut sebagai seniwati Minangkabau. Melangkahkan kakinya ke Mancanegara membawa missi kesenian sejak tahun 19 62 silam, dan telah menjejakkan kaki di belahan dunia manapun hingga lebih dari 40 kali kunjungan. Jenis tarian yang dimunculkannya meliputi : tari pesambahan, tari indang, tari sewah, manggaro, pencak silat, dll.

Pertama kali – Ia mendirikan  group tari dengan beberapa orang mahasiswa Ikip – Padang pada 15 Februari tahun 1962, ketika itu para mahasiswi ini akan mengikuti festifal kebudayaan Mahasiswa di Bali. Sebagai seorang mahasiswa, Syofiani selalu berupaya menjadi pemprakarsa untuk menciptakan tari-tari baru – karena ia memang memiliki bakat dibidang itu. Ia selalu ditunjuk sebagai leader dalam group tari mahasiswa itu. Seluruh kegiatan tari menari ini berpusat di Kota Bukittinggi, karena ia menjalani studynya sebagai mahasiswa dari Jurusan Bahasa Inggris dari IKIP – PADANG kala itu.

Sementera itu seorang musisi muda yang bernama Yusaf Rahman yang saat itu menempuh pendidikan di Fakultas Pertanian – menjadi motivator untuk kemajuan group tari Syofiani dan kawan – kawan. Yusaf Rahman muda bertindak selaku pencipta lagu untuk menyertai tarian yang diciptakan Syofiani. Keduanya bekerjasama untuk Group tari itu dan tiada hari harinya tanpa tari dan musik. Setelah mereka menikah, pasangan ini menjadi ” hati dan rasa dari group itu.  Yusaf Rahman menciptakan lagu dan Syofiani sebagai kreografernya.

Syofiani memiliki  dua studio yakni di Padang dan di Bukitinggi. Group tarian Syofiani mengajarkan lebih dari 350 anak-anak setiap tahun. Mereka diasuh oleh 10 orang penari profesional dan asistennya . Para murid-muridnya akan memepelajari 6 tarian setiap tahunnya.

Dengan dukungan dari Gubernur Sumbar khususnya Bukitinggi dan Padang serta masyarakat pencinta seni Minangkabau, group ini telah memiliki reputasi nasional dan Internasional. Merekapun dikenal penampilannya pada event dan festifal di dunia.

Tarian yang menjadi trademark dari grup tari Syofiani adan Tari piring di atas pecahan kaca. Tarian ini adalah tarian spesifik anak pasangan pasangan almarhum Bustamam St. Makmur dan almarhumah Saiyar Bustaman.. Tari ini warisan kakeknya Dt. Tumanggung. Biasanya penari yang berada di atas pecahan kaca adalah keluarga dekat. Yang pertama membawakan tari piring adalah adik ayah dan adiknya sendiri.

Sekali waktu, ketika hendak melakukan pementasan adik Ani tidak di tempat. Artinya tak ada yang tampil. Yang mau tampil pun tak ada. Memang banyak penari dalam grup yang diasuh kakeknya itu, tetapi mereka semua masih termasuk orang luar. Tak ada pilihan lain. Ani ditunjuk menggantikan. Mau tak mau Ani harus tampil. Tentunya sebagai pemula, ia sangat khawatir. Sebagai kanak-kanak, rasa takutnya berlebihan. Ia menolak. Dalam bayangannya muncul hal-hal buruk. Bagaimana kalau pecahan kaca itu melukai kakinya? Saat itu benar-benar tak ada pilihan.

“Waktu itu memang saya sulit untuk memutuskan. Tapi kata kakek kami harus tetap menampilkan tari piring. Soalnya kami sudah terikat perjanjian,” jelas Ani tentang pengalaman pertamanya menari di atas kaca.

Setiap hari Ani berlatih dengan kakeknya di kampung. Sang kakek mengambil 100 buah botol bir yang sudah dipecahkan.“Saya disuruh menghentakkan kaki di atas pecahan kaca itu. Saya ragu-ragu menghentakkan kaki di atas pecahan kaca itu. Saya ragu-ragu memulai karena takut. Melihat saya cemas, kakek langsung melakukannya. Memang tak terjadi apa-apa. Saya masih takut. Kemudian saya disuruh duduk . Kakeklah yang membantu menghentakkan kaki saya ke atas pecahan kaca . Lama-lama rasa cemas saya hilang. Akhirnya saya bisa,” papar Ani mengenang masa paling berkesan dalam hidupnya.

Berikut ini sekelumit kisaha perjalanan hidupnya sebagaimana yang sudah dikupas pada awal artikel ini. Pada President Mission Culture di Pakistan, Ani harus menari di atas kaca. Lantaran takutnya Ani meminta didampingi dokter dan obat-obatan. Padahal ia tahu bahwa dokter hanya spirit mental. Andai kata ia terluka sebenarnya kuncinya ada pada Bustaman, sang ayah, ia mewakili kakeknya yang sudah tua. Sejak itu, bila menari Ani selalu didampingi ayahnya. Tari piring memang punya pengiring sebagai kuncinya. Begitulah turun temurun sampai pada anak-anak Ani.

Pengalaman menarik bagi Ani saat remaja adalah ketika ia diajak orang tua menari dalam sebuah acara hiburan bagi pejuang di masa perang. Acara tersebut berlangsung di Kuranji. Ia merasa bangga sekali dapat menyenangkan hati orang yang sedang tertekan akibat perang. Pengalaman itu sangat berarti baginya.

Dengan keberadaan seorang Yusaf Rahman, grup ini semakin eksis. Sebab dari segi music, Yusaf sangat mendukung. Ia pula yang melatih music dan mempersiapkan music untuk koreografi Ani. Pasangan serasi ini melangkah bersama-sama, mengelola sanggar tari dan music bagi anak-anak di Bukittinggi dan Padang.

Mengatur anak-anak yang kebanyakan berusia remaja, bagi Ani terasa sulit. Hal ini menyangkut kepercayaan orang tua yang telah menitipkan anaknya di sanggar untuk belajar seni. Ia mesti menjaga itu. Syukurnya, anak-anak sanggarnya tak banyak ulah. Ani menanamkan rasa persaudaraan di mana satu sama lain adalah keluarga. Masing-masing anak diajarkan bertanggung jawab pada teman lain. Tetapi tidak berarti saling tergantung. Bagimanapun, setiap anak harus mandiri.

Pertanyaan yang barangkali sering muncul adalah bagaimana sanggar Syofyani bisa tetap aktif dan bertahan haingga lebih dari 40 tahun? Menurut Ani, kuncinya adalah karena ia dan suaminya pegawai negeri, dosen UNP. Dari sanalah mereka menjamin setiap kekurangan biaya dalam perisapan sebuah pertunjukan. Kalau mengandalkan honor pertunjukan, sepertinya belum memadai meski pun grup mereka sering diundang.

“Undangan itu kan tidak rutin. Sedangkan kami harus berlatih secara kontiniu,” alasan Ani. Acapkali, saat menerima gaji uangnya langusng dimanfaatkan untuk persiapan penampilan. Syukurnya banyak pengeluaran yang bisa ditekan. Misalnya music, karena ditangani suami, honornya bisa gratis. Begitu juga dengan tata rias, ibu enam anak ini mengharuskan penarinya dandan sendiri. Apalagi pakaian dan peralatan, mereka tidak menyewa. Jadi, banyak biaya yang bisa mereka hemat.

Perjalanan sanggar yang dikomandoi Syofyani sudah terbilang banyak. Berbagai tempat yang ia kunjungi. Dari lawatan itu banyak pengalaman dan kesan yang ia peroleh.paling berkesan adalah ketika grupnya diundang oleh panitia Festival du Folklore (Festival Tarian Rakyat) di Monteiro, Prancis. Ia amat tersanjung. Sebab grup merekalah yang pertama kali tampil dalam pertemuan bergengsi ini mewakii nama Indonesia. Melalui festival itulah negara-negara Eropa bisa mengenal Indonesia.

Dalam festival tersebut, Syofyiani Dance tampil dengan tiga tarian menggunakan pakaian yang berbeda. Orang Eropa sempat terkagum-kagum, pasalnya mereka terbiasa menggunakan pakaian yang sama saat melakukan tarian. Bahkan dari awal hingg akhir pertunjukan, mereka cuma mengenakan satu baju.

“Dalam grup, hal itulah yang saya tekankan. Harus cepat dan bisa mengurus diri sendiri. Bisa dibayangkan, dalam tiga menit anak-anak harus mengganti pakaian, sunting atau tanduk kepala. Mereka sudah terlatih. Alasannya sederhana saja. Dalam perjalanan ke luar negeri, jumlah anggota amat terbatas. Kita tidak mungkin bawa rombongan besar. Makanya dalam tiap pertunjukan, urusan busana, tata rias dan pelengkapan tampil termasuk alat musik yang berat-berat harus diangkut sendiri. Tidak ada yang menolong. Semua peraturan berlaku sama, termasuk anak saya sendiri,” papar Syofyani.

Dalam festival di Prancis itu, Syofyani mendapat penghargaan sebagai grup tari terbaik pertama. Padahal Indonesia baru pertama kali ambil bagian dalam festival itu. Syofyani melihat betapa antusiasnya peserta dari negara lain melihat tarian Indonesia. Ani sangat terharu. Saking terharunya, ia sampai menitikkan air mata. Perasaan bangga, bahagia bercampir aduk. Kebanggaan tersendiri dan amat berarti karena ia sudah mempersembahkan sesuatu yang memberi posisi terhormat bagi bangsanya. Penghargaan lain, Syofyani pernah menerima Pengabdian Masyarakat Cemerlang (PMC) dari Yang Dipertuan Agung Malaysia tahun 1996 dan sebagai jasawan tahun 1997 dari Gubernur Sumatera Barat atas pengabdiannya yang tak henti dalam mengembangkan kesenian.Penghargaan lain ia juga memperoleh 63 tahun berkarya dari Depbudpar Sumbar tahun 2008, dan terbaru inspirator award dari Sushi FM pada bulan Mei 2009 lalu.

Secara rutin tahun 1991 dan 1997, Grup Syofyani diundang lagi ke Prancis untuk festival yang sama. Banyak undangan lain berdatangan. Ia sudah membawa Syofyani Dance berkeliling dunia, diantaranya Yunani, Italia, Spanyol, Australia, Swiss, Belanda, Amerika, Korea, Jepang dan seluruh negara Asean. Secara pribadi, Syofyani dan suaminya almarhum juga diundang University Kebangsaan Malaysia sebagai staf pengajar tari dan music selama 8 bulan.

Sebagai orang Timur, dalam keluarganya Syofyani menerapkan kegotong royongan. Hal satu ini sangat kental dalam keluarga besar mereka. Terutama dalam mendidik anak. Bagi keluarga Minang, hal yang biasa terlihat bila cucu diasuh dan tinggal bersama nenek atau eteknya. Ia amat lega saat harus keluar kota bersama suaminya bila di rumah ada Ibu, adik atau saudara lainnya. Bahkan pernah selama berbulan-bulan pasangan itu berada di Malaysia, anak-anaknya aman-aman saja. Mereka suadah terbiasa ditinggal. Nilai rapor mereka tetap bagus.

“Saya bangga pada mereka. Apalagi dalam darah mereka juag mengalir darah seni orang tuanya. Saya tidak pernah memaksa mereka harus belajar tari atau musik. Bakat dan kesadaranlah yang memanggil jiwa mereka untuk menekuni bidang seni,” ucap Syofyani dengan kebanggan yang sulit ia sembunyikan.

Entah kebetulan atau keajaiban apa, ada hal yang masih ia pertanyakan hingga kini. Rasanya memang aneh. Semua anak-anak yang huruf awal namanya Y (Yosi, Yovi Yosa) diambil dari nama ayahnya, berbakat dan mahir bermain music mengikuti jejak sang ayah, Yusaf Rahman. Sementara yang memiliki nama S (Soni, Sandra, Sofi) dari awal nama Syofyani, semuanya berbakat menari.

“Saya menilainya sebagai karunia dan ketetapan dari Allah. Saya amat mensyukuri semua bakat dan kemampuan anak-anak baik dalam kesenian maupun pendidikan. Dua anak saya masuk perguruan tinggi lewat PMDK,” kata Syofyani.

Padahal sebagai dosen dan pengelola grup yang lumayan besar, pasangan seniman ini sering meninggalkan anak-anaknya. Tapi ada satu hal yang selalu ia tanamkan pada anak- anak adalah selalu berpegang teguh pada ajaran Allah.

Sebagai perempuan yang sudah melanglang buana ke berbagai belahan dunia, adat ketimuran masih tetap kental pada keseharian Syofyani. Ia mengaku dibesarkan dan hidup dalam lingkungan adat serta alam budaya Minangkabau. Karena itu ia selalu memegang teguh adat dan budaya yang telah mendarah daging dalam kehidupan dan pandangan hidupnya.

“Perempuan Minang mendapat kedudukan yang terhormat. Ini bermula dari Mitos Bundo Kanduang. Perempuan Minang merupakan andalan dan tiang dari adat dan budaya seperti disebutkan dalam moto, kok tunggak dimakan bubuak tando di rumah gadang karuntuah. Artinya apabila tonggak utama rumah gadang telah keropos, itu tandanya rumah gadang akan runtuh. Bila perempuan moralnya sudah rusak, alamat budayanya akan runtuh,” kata Syofyani berpepatah. Masih banyak perumpaan yang ia sebutkan sebagai simbol yang menyatakan bahwa perempuan Minangkabau sudah mendapat tempat.

Sebagai perempuan Minang yang sudah hampir seluruh hidupnya diabdikan pada kesenian. Nenek 15 cucu ini senantiasa berupaya melestarikan seni pusaka tradisi dalam bentuk kreasi-kreasi baru. Syofyani tak pernah berhenti berkreasi. Pengabdiannya dalam dunia kesenian terutama tari tak perlu diragukan meski suaminya Yusaf Rahman telah meninggal dunia beberapa tahun lalu. Meski tanpa sang suami yang selalu menjadi penyemangat baginya, ia tetap berkaya, melahirkan karya-karya untuk anak bangsa ini. Karena itu pula ia mendapat penghargaan A Lifetime Achievment pada West Sumatera Tourism Award, tahun 2009 lalu. (nit)


53 Tanggapan to “Syofyani Yusaf – Seniwati Minangkabau”


  1. Maret 5, 2010 pukul 9:47 am

    hi.. saya putri, reporter news trans tv, saya memegang program mengenai kebudayaan indonesia. saya tertarik sekali untuk mengangkat profil ibu syofyani, apakan mas ferry punya nomer contct atau alamat sanggar tari ibu syofyani? kalau boleh saya ingin menelpon beliau langsung dan berbicara mengenai rencana peliputan tim kami. ni nomer hp saya 08170026905. terima kasih sebelumnya

  2. Maret 5, 2010 pukul 9:48 am

    hi.. saya putri, reporter news trans tv, saya memegang program mengenai kebudayaan indonesia. saya tertarik sekali untuk mengangkat profil ibu syofyani, apakan mas ferry punya nomer contct atau alamat sanggar tari ibu syofyani? kalau boleh saya ingin menelpon beliau langsung dan berbicara mengenai rencana peliputan tim kami. ni nomer hp saya 08170026905 & ini e-mail address saya melorin_kyukyu@yahoo.com terima kasih sebelumnya

  3. 3 ~padusi~
    Maret 9, 2010 pukul 2:55 am

    Beliau punya sanggar tari di Jakarta yang berlokasi di Rawamangun, satu gedung dengan Toko Swalayan Tiptop . Silahkan Sanak menghubungi sanggar itu..

  4. 4 Soni Drestiana Yusaf
    April 3, 2010 pukul 2:25 am

    Selamat pagi saya Soni Drestiana, putri ibu Syofyani Yusaf. Kebetulan saya yang menjadi koordinator untuk Sanggar Tari Syofyani yang di Jakarta. Saya akan hubungi sanak Feri via sms dan email

  5. 6 ayu
    April 30, 2010 pukul 2:53 am

    ass..
    saya ayu mahasiswi di bandung..
    pengen ikutan sanggar seninya..
    kalo boleh tau di bandung ada ga???
    makasi

  6. 8 Onya
    Mei 28, 2010 pukul 8:10 am

    waahh…
    aq mau dong ikut sanggarnya,,
    tapi aq dibandung,, ada ga cabangnya???
    makasih..

    • 9 yosi diani tresna
      September 30, 2014 pukul 5:44 am

      Alamat di Bandung adalah Jl. Banda No 16. (Sanggar Barboovie + Sanggar Tari Syofyani). Mudah2an respon yang sudah sangat terlambat ini masih bermanfaat. Tk

  7. 10 hendry
    Juni 13, 2010 pukul 1:10 pm

    saya asli sumatra barat tinggal di jakarta dari th 2001, saya sgt cinta budaya mainang dan saya sangat tertarik dgn kesenian’nya….klo mau ikut bergabung di sanggar ini bagaimana caranya ya…..?

    • 11 yosi diani tresna
      September 30, 2014 pukul 5:46 am

      Untuk Jakarta, alamat sanggar tari syofyani adaah di Taman Ismail Marzuki (TIM), Cikini, latihan setiap hari Minggu, mulai jam 09.00 pagi. Tk

  8. 12 dila
    Desember 28, 2010 pukul 2:36 pm

    ass saya dila. saya anak minang asli.tinggal d bkittinggi dan skarang kuliah d bndung..
    kalo boleh tau ada sanggar tarinya juga ga di bandung?? kalo ada saya mau ikut bergabung 🙂

    • 13 yosi diani tresna
      September 30, 2014 pukul 5:47 am

      Alamat di Bandung adalah Jl. Banda No 16. (Sanggar Barboovie + Sanggar Tari Syofyani). Mudah2an respon yang sudah sangat terlambat ini masih bermanfaat. Tk

  9. 14 phia
    Januari 24, 2011 pukul 4:22 am

    Boleh minta alamat dan no telp sanggar yg di jakarta? Anak saya ingin belajar tari minang.. Tks

    • 15 yosi diani tresna
      September 30, 2014 pukul 5:48 am

      Untuk Jakarta, alamat sanggar tari syofyani adaah di Taman Ismail Marzuki (TIM), Cikini, latihan setiap hari Minggu, mulai jam 09.00 pagi. Walaupun sangat terlambat responnya, mudah2an masih bisa dimanfaatkan.Tk

  10. Juni 9, 2011 pukul 11:53 am

    saya juga ingin belajar tari minang..kalau ada lokasi yang dirawamangun boleh minta???

  11. 18 lindawati anggraini
    Desember 13, 2011 pukul 9:10 am

    apa sanggar ini ada di pekanbaru?….kalau ada sy minta informasinya…..

  12. 19 indra setiawan
    Januari 3, 2012 pukul 5:56 am

    selamat siang kami dari Eo RAJAWALI…mau menawarkan acara SOPHIE GOT TALENT di mall cijantung.pada hari minggu tgl 8 januari…bisa saya minta alamat email sanggar tari Syofyani..thx sebelumnya….

  13. 20 fitri
    Januari 11, 2012 pukul 4:39 am

    uda uni..awak punyo anak umua 2 tahun,tatariak sangaik jo tari minang…bisa uda/uni? dima alamaik dan no tlp yang bisa awak hubungi..makasih…

  14. 21 sussy
    Januari 14, 2012 pukul 6:25 am

    saya sussy
    saya ingin sekali anak saya bisa dididik agar bisa menarikan tarian minang
    mohon bisa dinformasikan dimana saya bisa menghubungi sanggar ini
    karena anak saya tertarik dengan tarian minang yg sebagian gerakannya seperti orang berpencak silat

  15. 23 meri
    April 3, 2012 pukul 12:23 pm

    ass
    saya meri ,kalau boleh tahu sanggar tari ini berlokasi di daerah mana di kota padang,cause saya sudah mencari cari kemana?

  16. 25 meri
    April 3, 2012 pukul 12:24 pm

    saya sih tinggal di kota padang ,tapi tidak tahu dimana tempatnya?
    pengen bget ikut//////////////////////

  17. 26 prima putri deliana
    April 14, 2012 pukul 6:05 am

    selama saya di sanggar beliau, ada banyak pengalaman menarik yang dapat saya petik. saya selalu ingin terus mengeksplor tarian minang.

  18. April 28, 2012 pukul 1:17 pm

    boleh tau alamat n no tep sanggar nya,? saya ingin putri saya belajar tari Minang ….

  19. 28 yanti
    Mei 10, 2012 pukul 7:06 am

    di jakarta selatan ada cabangnya ga? untuk anak saya usia 2 tahun. tks

  20. Juni 20, 2012 pukul 1:05 pm

    dimana lokasinya?boleh daftar?

  21. 30 Leni Burke
    Juli 10, 2012 pukul 8:59 pm

    Assalammualaeykum. Nama saya Leni dan sekarang tinggal di Atlanta, Georgia, U.S.A. Ketika saya masih berkuliah di Padang pada tahun ’92-an saya sempat mengunjungi sanggar ini (waktu itu tbertempat di air tawar) dan menunggu teman2 saya (4 British girls who were teaching English in ABA and UNAND) yang belajar menari. Ketika itu saya tidak minat sama sekali dengan menari. Setelah lama meninggalkan ranah minang nan tercinto, saya sangat merindukan tarian2 budaya kita termasuk juga musiknya. Kecintaan saya terhadap budaya kita sangat mendalam sekarang. Saya mempunyai 2 orang anak dara dan ingin sekali anak2 saya ini untuk belajar tari dan budaya saya. Masalahnya adalah kami hanya bisa pulang kampung sekali dalam 2 tahun, selama 2 bulan di musim panas. Pertanyaan saya, apakah masih memungkinkan untuk anak2 saya untuk belajar menari di sanggar ini dalam waktu yang singkat? Alamatnya masih di air tawar kah? Terimakasih dan wassalam.

  22. 32 Emyl
    Agustus 6, 2012 pukul 12:14 am

    Sanggar tarinya masih berlokasi di rawamangun? apa ada kursus privat untuk dewasa?

  23. 33 fatmi
    September 11, 2012 pukul 3:36 pm

    assalaamu’alaikum…
    mau tanya,
    dimana lokasi sanggar tari nya yang di padang? ada yang berminat…

  24. 34 Mr Fahrie
    November 4, 2012 pukul 1:28 pm

    Saya alumni UNP jursan bahasa inggris dan juga pernah bergabung dengan sanggar Ibu Syofiani…… Saya sangat bangga dengan ibu………

  25. 35 17sef94c
    November 16, 2012 pukul 12:21 pm

    ass. saya cici ,saya sekarang kuliah dipadang
    saya mau ikut bergabung disanggar tari bagaimana caranya agar saya bisa mengikutia latihan tari disanggar ibu makasih ibu .
    mohon info selengkapnya

  26. Maret 6, 2013 pukul 3:25 pm

    ass…..sya tingal nya di cileduk, anak saya pengen ikut sangar tari, apa ada cabanganya di daerah cileduk, dan bagai mana caranya, klu boleh sya mintak no hp nya, trima ksih

  27. 37 me
    Mei 28, 2013 pukul 7:09 am

    Hallo :)) sanggarnya ibu syofyani ga buka cabang di pekanbaru?

    • 38 rose
      September 9, 2013 pukul 4:04 pm

      Ass Saya bergerak dibidang Wedding Organizer , apakah disini bisa meyediakan jasa penari untuk acara resepsi adat minang?Yang saya perlukan paket tari persembahan sekitar minimal 5orang. Terimakasih sebelumnya.Wass Ibu Hj Rose

  28. 39 ANDI LALA FB(lalacitozz@yahoo.com t
    Februari 7, 2014 pukul 5:37 pm

    betaba bangganya saya membaca sekilas tentang tentang ibuk syofyani yusuf. saya ANDI LALA , tgl di PAYAKUMBUH. Sekarang saya bergabung dengan sanggar CAHAYO PYK. 2007 saya pulang kampung dr JAKARTA. Saya tertarik kesenian minang, dan kebetulan dekat rumah ada sanggar. maka saya bergabung bersama sanggar CAHAYO. Ada nggak sanggar yg ibuk kelola mengeluarkan buku TEHNIK DASAR TARI MINANG?

  29. Februari 22, 2014 pukul 5:04 am

    sanggar syofyani”s padang di depan Basko ya

  30. 41 ratna dewi oktora
    Maret 24, 2014 pukul 9:16 am

    assalamualaikum saya dewi mantan murid sanggar sofyani bukitinggi,,, sekarang ada s daerah pasuruan,, saya ingin ngajak anak saya mengikuti jejak saya,, ada ga ya sanggar nya d saerah pasuruan,,???

  31. 42 luchia nurulita
    Maret 30, 2014 pukul 2:04 am

    assalamualaikum, saya luchia ingin ikut sanggar tari di bukittinggi, dmna ya buk lokasi sanggarnya d bukittinggi,? mohon info nya buk

  32. Juni 2, 2014 pukul 7:14 pm

    I’m going to at once understand your own rss while i are not able to in finding the electronic mail request link or e-newsletter company. Complete you might have any kind of? Make sure you allow for us recognise so that I could simply just register. Cheers.

  33. 44 yolanda septi
    September 8, 2014 pukul 2:07 pm

    kalo boleh tau .. alamat sanggarnya (di kota padang) dimana ya ??

  34. 45 Agnesia
    Oktober 30, 2014 pukul 12:22 pm

    Saya ingin bergabung dalam sanggar tarinya… apakah ada syarat tertentu untuk dapat bergabung??? umur saya 28 tahun… Asli sumatera barat,, domisili jakarta…

  35. Mei 13, 2015 pukul 9:19 am

    saya ingin bertanya apakah ada contact person yang bisa saya hubungi. saya dari bukittinggi pernah belajar main talempong dan bisa mamainkan musik beberapa tari minang. sekarang saya stay di jakarta, kuliah, dan ingin terus mengembangkan permainan talempong dan alat musik minang lainnya untuk mengisi waktu luang agar lebih bermamfaat. terimakasih. kalau ada contact person yang bisa saya hubungi bisa dikirim ke email saya sm4rt.scor@gmail.com atau bisa langsung direplay komentar saya ini. terima kasih.

  36. 48 Agnesia
    November 15, 2015 pukul 1:23 pm

    Adakah alamat email untuk sanggar ini??? Saya ingin sekali daftar ke sanggar ini…apakah ada syarat2 khusus untuk bs mendaftar??

  37. 49 Yosi Diani Tresna
    November 15, 2015 pukul 3:04 pm

    Terimakasih, Silahkan kontak Ibu Soni Drestyana hp: 08129234483 . Pimpinan Sanggar TAri Syofyani cabang Jakarta

  38. 50 Dessy
    Oktober 28, 2016 pukul 5:11 am

    Maaf saya baru buka blog ini, oy mhn info nya klw jd anggota itu bayar brapa y ?? Apa ada jg kesempatan utk utk dtampilkan d event2 ??

  39. 51 ulfa oktaviani
    November 24, 2016 pukul 6:51 am

    Saya ulfa mahasiswi stikes fort de kock, saya tinggal digaregeh dan saya orang baru dibukittinggi, saya ingin sekali belajar tari minang karna hobi saya adalah menari, kl boleh dibalas pesan saya dimana tempat sanggar tari ibu sofyan di bukittinggi trimakasih:)

  40. 52 PUTRI ANGGIA SYAHREN
    Januari 5, 2017 pukul 3:44 pm

    Assalammualaikum. Saya tertarik utk memasukkan anak saya ikut les tari minang. Kalo daerah tangerang, apakah ada buka sanggar tari sofyani ? Mohon infonya. Terima kasih

  41. Februari 18, 2017 pukul 1:54 pm

    Tahun 1983 saya pernah ikut latihan di birugo Bukittinggi. Kalau tidak pindah Sanggar adanya sebelum masjid jamik birugo kalau dari pusat kota….


Tinggalkan komentar


Pengunjung

  • 1.306.355 hits

Palanta Minang

adat_dan_budaya_copy

Urang Minang

URANG_MINANG_BARU

Cimbuak

cimbuak

” Istana Kunang – Kunang”

http://hyvny.wordpress.com

KALENDER

Maret 2010
S S R K J S M
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

ARSIP

Flickr Photos

Aggregator Blog

KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia

Page Rank

Blog Indonesia

Blog Catalog

Culture Blogs - Blog Catalog Blog Directory